Pages

Cara Membuat Related Post 2015








Kemarin gue kembali mengutak-atik HTML blog, untuk apa? Agar situs atau blog pribadi gue semakin dekat dengan kriteria blog SEO. Beberapa hari yang lalu, gue sudah share bagaimana membuat breadcumb yang sukses, bisa lo klik disini. Nah, tambahan syarat blog SEO ada lagi, yaitu related post. Karena selain syarat, hal positif lainnya juga bisa membuat pembaca blog kita betah dengan posting yang saling berhubungan dalam blog pribadi kita. Sharing is fun, gaes ?

Gue masih mencari dengan keyword “related post tanpa thumbnail”. Kok tidak pakai thumbnail? FYI, thumbnail itu snippet gambar dari artikel yang kita buat. Tidak semua artikel gue ada gambarnya, jadi daripada kosong, mending tidak perlu dipasang sekalian. Gue menemukan tipstrik yang cukup bagus untuk lo ikuti. Mungkin lo tidak mau ribet kayak gue, males mengutak-atik HTML kalau hasilnya nihil, kayak yang gue alamin saat itu. Berselancar lagi, akhirnya gue menemukan tutorial yang pantas untuk dicoba dan ternyata bonus fast loading!

1. Pastikan ada kode jquery.min.js di dalam template blog lo.

Jika tidak ada, maka tambahkan dulu kode jQuery berikut ini di atas kode </head>

<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js'
type='text/javascript'></script>

2. Menambahkan gadget (add a gadget) di tata letak pengaturan blog.

Masukkan script HTML berikut:

<script src="http://blogger-related-posts.googlecode.com/files/related-posts-widget-1.0.js"type="text/javascript"></script>
<script type="text/javascript">
relatedPostsWidget({
   'containerSelector':'div.post-body'
   ,'relatedTitle':'Related Posts:'
   ,'recentTitle':'Recent Posts:'
   ,'loadingText':'loading...'
   ,'maxPosts':'5'
   ,'blogURL':'http://www.zakyghozali.com'
});</script>

Lo tidak perlu ambil pusing soal tata letak setelah lo masukkan tambahan gadget tadi. Tidak ada pengaruhnya walaupun lo taruh dimanapun. Tapi, jangan lupa:

- Ganti blogURL yang berwarna merah dengan alamat blog lo
- Jangan lupa komentar. Terima kasih.

5 komentar:

  1. apakah script ini untuk related post di bagian home page

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak mas Fadly, scriptnya cuma akan muncul per-page saja sesuai dengan labelnya.
      Coba cek saja home page saya.

      Trimakasih komentarnya..

      Hapus
  2. makasih infonya..
    visit back knowdonation.blogspot.com

    BalasHapus
  3. very good posting, I have tried but have not succeeded, roughly where the blame lies. please refer bloggermendalo.blogspot.com

    BalasHapus

Terimakasih komentar, kritik maupun sarannya..

Komentarmu yang membuat blog ini tetap ada :)

Ingin script kodingmu terbaca di blog? Copy scriptmu DISINI

© Kucoba.com Webmaster Tools | Blogger Tool