Pages

Cara Menampilkan Thumbnail Video Di Windows Explorer

source: motivasee
Jika kamu memiliki koleksi video klip musik atau koleksi film, biasanya file tersebut tidak menampilkan Thumbnail-nya.

Apa itu Thumbnail?

Thumbnail adalah tampilan potongan gambar yang ada dalam video tersebut sehingga akan memudahkan kamu dalam memilih video mana yang ingin kamu mainkan dari Windows Explorer.

Perlu diingat, bahwa format video itu ada banyak, diantaranya adalah mp4, avi, mkv, flv,mpg, mpeg, mov. 3GP, m4v, wmv,  dan lainnya. Yang paling populer adalah video dengan format mp4 dan biasanya yang dapat menampilkan Thumbnail-nya secara otomatis hanyalah video yang berformat mp4 juga.

Kadang kita bertanya-tanya. Kenapa koleksi video di laptop saya tidak ada gambar depannya? atau tidak ada cover-nya? Mungkin komputer kamu memiliki masalah dengan Thumbnail Preview. Thumbnail Preview ini juga tentu saja akan mempercantik tampilan file video pada Windows Explorer kamu.

Jadi gini, ini adalah tampilkan koleksi Video Klip di Windows Explorer saya sebelum mereka dapat memunculkan Thumbnail-nya:



Dan di bawah ini adalah tampilan setelah semua format video dapat menampilkan Thumbnail-nya.


Bagaimana? Lebih menarik mana? Tentu saja lebih menarik yang dapat menampilkan Thumbnail-nya kan? Lalu bagaimana caranya agar file video pada Windows Explorer kamu bisa menampilkan Thumbnail-nya seperti pada gambar terakhir di atas?

Caranya sungguh mudah, kamu cukup meng-install sebuah software bernama MediaPreview. File-nya hanya sekitar 15 MB.

Setelah di download, kemudian install. Kemudian ikuti langkah-langkah seperti yang di tampilkan pada gambar di bawah ini:



Centang semua atau beberapa format video yang ingin kamu tampilkan Thumbnail-nya pada Windows Explorer kamu nanti, kemudian klik tombol “Apply“.

SELESAI.

Sekarang coba cek koleksi video-video kamu di Windows Explorer, apakah mereka sudah mampu menampilkan Thumbnail Preview mereka? Jika belum sabar dulu, software ini sedang melakukan proses. Kadang kamu perlu melakukan restart komputer jika diperlukan.

Software gratis, Media Preview ini juga memiliki beberapa setting yang bisa kamu utak-atik sendiri sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa men-download-software Media Preview disini.

Bagaimana? Bagus kan? Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih komentar, kritik maupun sarannya..

Komentarmu yang membuat blog ini tetap ada :)

Ingin script kodingmu terbaca di blog? Copy scriptmu DISINI

© Kucoba.com Webmaster Tools | Blogger Tool