Pages

Arsitektur Komputer


A.   Pendahuluan
Arsitektur Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras(harddisk), dll.
Arsitektur Komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Namun disini kita hanya akan membahas arsitektur pada umumnya:

Secara garis besar, arsitektur computer dapat di bagi menjadi 3, yaitu:
1.    Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem computer yang lain dan mengubah input menjadi output. CPU dapat dirincikan sbb:
a.    Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program.
b.    Control unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu system.
c.    Arithmatika and logical Unit , tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika.
d.    Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.
2.    Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage.
3.    Unit Output, mencatat dan atau mencetak hasil pengolahan.

B.   CPU(Central Processing Unit)
Disinilah jantung atau nyawa dari sebuah komputer. Disinilah tempat dimana semua proses yang dilakukan oleh sebuah komputer berlangsung.
Berikut adalah organ-organ utama dalam CPU :
1.    Processor : Inti utama dari sebuah komputer untuk dapat berjalan atau menjalankan program. Banyak sekali macam-macam CPU, mulai dari yang hemat daya, sampai yang mengutamakan performance. 
2.    Motherboard : Kalau di ibaratkan motherboard adalah rumah dari perangkat-perangkat computer, dimana semua yang berhubungan untuk dapat masuk kedalam system harus melalui motherboard ini. 
3.    Video Graphics Adapter(VGA) : Perangkat satu ini juga tak kalah penting, dengan adanya VGA, computer memiliki perantara untuk menterjemahkan keluaran dari processor untuk ditampilkan  ke monior. VGA berperan sangat penting untuk computer yang digunakan untuk desain grafis dan gaming.
4.    Power Supply Unit (PSU) : Komponen satu ini bertugas untuk mensuplai tenaga untuk semua komponen yang ada dalam  computer. Serta untuk menstabilkan voltase secara otomatis agar komponen-komponen yang lain tidak cepat rusak karena naik-turunnya voltase(badai listrik).
5.    Harddisk : Salah satu jenis memori penyimpanan dalam computer, hanya saja harddidk bersifat sekunder. Data disimpan dalam harddisk sebelum di eksekusi oleh computer.
6.    Memory : Memory eksekusi, mungkin itu kata yang paling tepat. Karena dalam memory inilah setiap program yang dijalankan oleh computer beraksi. Semakin besar kapasitas memory semakin leluasa sebuah computer untuk mengeksekusi program.



C.   Peralatan Input
Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung.
Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device, scanner, voice recognizer.
Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari: key-to-card, key-to-tape, key-to-disk.
1.  Keyboard
Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopere Lathan pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard computer pertama disesuaikan dari kartu pelunbang(punch card) dan teknologi p[engiriman tulisan jarak jauh(teletype). Macam keyboard sangatlah banyak, mulai dari bentuk, teknologi bahkan susunan abjad pada keyboard itu sendiri, namun seiring bergulirnya waktu hanya tinggal 1 susunan keyboard yang dipakai diseluruh dunia saat ini, QWERTY. Terkecuali negara-negara dengan bahasa yang memiliki abjad tersendiri seperti China, Jepang dll.

2.  Mouse
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan”Mouse” dapat digerakan kemana saja berdasarkan arah gerakan tangan kita. Sejarah mouse juga sangatlah panjang. Mulai dari mouse pertama yang menggunalkan dua buah roda yang berfungsi sebagai sumbu X-Y, Mouse bola, optic hingga yang paling baru adalah mouse laser.

3.  Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin foto kopi. Mesin foto kopi hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilakn pada layar monitor computer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file teks, dokuman dan gambar.

D.   Peralatan Output
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, symbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara , dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Peralatan output dapat berupa:
• Hard-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
• Soft-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
 Contoh :
o   Printer : Output device yang berfungsi mencetak data (Dokumen, Picture, web page dll)
o   Monitor : Output device yang berfungsi menampilkan data-data dari CPU.
o   Projector : Sama halnya monitor, projector berfungsi menampilkan data-data dari CPU, badanya adalah ukuran keluaran projector jauh lebih besar dari monitor.
o   Speaker : Alat keluaran untuk device yang berupa suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih komentar, kritik maupun sarannya..

Komentarmu yang membuat blog ini tetap ada :)

Ingin script kodingmu terbaca di blog? Copy scriptmu DISINI

© Kucoba.com Webmaster Tools | Blogger Tool